Cara Mengedit Template Blog

Posted by noeroel arashi | 22:16 | | 0 comments »

Cara Edit Template Blogspot

Cara Mengedit Template Blog >>Segala sesuatu pastinya memiliki dasar. Pohon yang menjulang tinggi pun mempunyai akar sebagai dasar untuk menopang dari terjangan angin. Tak lain dengan gedung pencakar langit juga memiliki pondasi sebagai dasar sebelum membangunnya menjadi tegak berdiri. Bahkan sebuah hubungan pasti memiliki dasar sebelum memulainya. Begitu pula belajar mengenai blog harus mengetahui dasar-dasar awal sebelum melangkah ke tingkat selanjutnya. Dasar yang akan dibahas kali ini yaitu Dasar dalam Mengedit Template Blog.

Ketika anda ingin mengedit sebuah template blog sering kali dijumpai kode-kode sebagai berikut </head> , <body>, ]]></b:skin>, atau <data:post.body/>. Sebagai contoh anda ingin membuat read more otomatis pada postingan blog maka anda harus mengubah kode <data:post.body/> yang ada pada menu Edit Template HTML dalam blog dengan script tertentu dan yang sering menjadi pertanyaan di manakah letak kode tersebut? Kalau anda mencarinya satu-satu akan percuma dan membuang waktu karena kode tersebut terselip di anatara ratusan kode-kode yang lain. Jadi bagaimana solusinya? Sebenarnya browser seperti Mozilla Firefox, IE, atau Google Chrome memiliki fungsi untuk menunjang dalam mengedit template blog. Bagaimanakah caranya?

Caranya yaitu dengan >> klik Edit - Find pada menubar di paling pojok kiri atas pada Mozzila atau IE, sedangkan pada google chrome pada urutan kedua di pojok kanan atas. Selain itu anda juga bisa menggunakan cara yang lebih praktis dengan menekan Ctrl+F, berlaku untuk semua browser. Setelah itu akan muncul kotak Find di pojok kiri bawah (Mozzila & IE) dan pojok kanan atas (Google Chrome). Lalu ketikan apa yang ingin anda cari di sana, sebagai contoh : <data:post.body/> , nah sekarang coba anda cari kode yang lainnya yang ingin anda temukan. Mudah bukan?

Sekian penjelasan mengenai cara mengedit template blog yang bisa saya berikan. Terima kasih kepada pengunjung yang bersedia menyimak dan memberikan komentar. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Salam...

0 comments